Liputan

Demo Mayday 2024 di Makassar, Partai Buruh Bawa 2 Tuntutan

Penulis: Muh. Cahyo Dherian

Foto: Muhammad Akhsan Hidayat Abadi

Partai Buruh dan aliansi mahasiswa sekota Makassar mengadakan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Mayday 2024 pada Rabu, (1/4/2024). Partai Buruh menyampaikan dua tuntutan yang dinilai mengkebiri hak-hak kerja buruh.

“Kita dari partai buruh dan inisiator partai buruh menuntut dua hal yaitu tolak Omnimbus Law UU Cipta kerja yang mengkebiri hak-hak pekerja di Indonesia. Yang kedua Hostum. Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah,” ucap salah satu orator Partai Buruh, Rabu (1/4).

Berdasarkan pantauan reporter Baruga.id, aksi unjuk rasa dipersiapkan oleh Partai Buruh mulai pukul 12.00 Wita dengan berkumpul di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel di Jl Urip Sumoharjo No.59. Kemudian pada 13.00 Wita orasi pertama dilakukan oleh Partai Buruh.

“Hari ini 1 Mei merupakan hari besar para buruh di muka bumi ini. Hari buruh tidak semerta-merta menetapkan tanggal 1 tetapi perjuangan teman-teman buruh kita terdahulu. Apa yang dilakukan teman-teman buruh merupakan bentuk penindasan yang dilakukan kepada buruh, yang tidak manusiawi,” ujar sang orator.

Setelah orasi pertama dilakukan, pada pukul 14.00 Wita massa berjalan menuju ke bawah flyover di Jl Andi Pengeran Pettarani. Di sana massa kembali berorasi untuk menyuarakan aspirasinya terkait hak-hak buruh.

Bersamaan dengan itu, rombongan aliansi mahasiswa berdatangan turut berorasi menuntut keadilan terhadap hak buruh. Setelahnya, massa pun bergerak ke titik terakhir yakni depan gedung Kantor Gubernur Sulsel di Jl Urip Sumoharjo No.269, Panaikang, Kota Makassar.

Kosmik

Recent Posts

Output Cyber Class 2024

Penulis : Mulyadi Anugrah Papua, Andi Aufar Juzaili Patawari, Muhammad Gilang Virgiawan, Nurul Jihanun Ummuaiman.…

2 days ago

Kerangka Berpikir dan 10 Kesalahan Implementasinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Penulis: Tim Baruga dan CSC Pada proses berpikir, seseorang perlu menyusun kerangka berpikir terlebih dahulu…

3 days ago

ARTIFICIAL INTELLIGENCE MEMUDAHKAN ATAU MEMUSNAHKAN KEHIDUPAN MANUSIA?

Karya : Widya Juniaty Kurator : Annysa N. Agafanthy Artificial Intelligence (AI) diciptakan untuk memudahkan…

4 days ago

Boundless Collaboration

Karya : Mini Muthmainnah Mallombassang Kurator : Annysa N. Agafanthy Poster saya mengusung tema Boundless…

4 days ago

COLLABORATION

Karya : Chantika Putri Cahya Islami Kurator : Annysa N. Agafanthy Poster ini memberikan makna…

4 days ago

Kebenaran Ilmu Pengetahuan dan Filsafat sebagai Mother of Science

Penulis : Tim Baruga dan CSC Pengetahuan merupakan salah satu subjek terpenting dalam peradaban manusia. Sebagaimana yang disebutkan oleh Aristoteles bahwa Manusia dikenal sebagai makhlukyang ingin tahu. Pada kajian epistemologi sendiri, pengetahuan telah dibahas berkali-kali. Terkait hal-hal yang berhubungan dengan pengetahuan, seperti apa itu pengetahuan? Apakah menungkinkan bagimanusia untuk mendapatkan pengetahuan yang benar? Pengetahuan yang dianggap benar tersebut bisa dikenal dari mana saja, mulai panca indra, khayal, perasaan, hingga akal. Namun, tidak semua pengetahuan itu merupakan kebenaran. Lantas, seperti apa pengetahuan yang mengandung kebenaran itu? Untuk memahaminya, perlu dipahami terlebih dahulu 4 tingkatan dalam proses pengenalanatau mendapatkan pengetahuan bagi manusia. Nah, berikut 4 tingkatan ilmu yang dihimpundari diskusi Communication Study…

4 days ago