Ketika PR Berbicara

0
49

Fasilitator : Saddan Hussein

Pertama kita harus mengetahui apa itu Public Relations secara etimologinya yaitu (kerumunan orang) dan (hubungan). Secara umumnya Public Relations adalah profesi profesional yang membangun citra baik untuk organisasi atau orang-orang terkenal.

Dalam Public Relation, kemampuan public speaking merupakan sebuah alat yang sangat berguna dalam Public Relations agar dapat menyampaikan informasi dengan baik kepada audience. Hal terpenting yang harus kita perhatikan dalam dari kemampuan Public Relations untuk seorang PR adalah : deliver information, motivates, educates, dan entertains listeners. Jadi, dengan kemampuan public speaking yang kita miliki kita harus dapat menyampaikan informasi dengan baik, dapat memotivasi orang lain dengan cara kita berbicara, mengedukasi di mana kita dapat memberikan ilmu kepada orang lain, dan juga dapat memberikan hiburan kepada para pendengar melalui berbicara.

Teknik vokal dalam berbicara juga diperlukan karena dengan suara kita dapat menyampaikan pesan dengan baik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam teknik vokal adalah artikulasi, intonasi, volume, dan kecepatan dalam berbicara. Selanjutnya, selain vokal hal penting yang harus kita perhatikan juga adalah body language meliputi gesture dan eye contact. Mengapa body language juga merupakan hal yang diperlukan? Karena body language adalah menguatkan pesan yang kita sampaikan dan dapat mendukung aktivitas public speaking kita.

Selain itu, juga terdapat hal-hal yang harus kita hindari ketika berbicara di depan umum yaitu, berbicara yang terlalu cepat, pembicaraan yang monoton, dan kurangnya persiapan dalam berbicara, contohnya adalah ketika kita tiba-tiba blank saat sedang berbicara kita tidak mempersiapkan backup berupa catatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here