Tingkatkan Kesadaran Perlindungan Data Privasi, Kosmik Gelar Seminar Saatnya #KendalikanPrivasimu

0
482


Foto oleh: Kifo Kosmik/Maldhi Hamonangan Malau

Makassar, Baruga – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Kelas Muda Digital (Kemudi), Pamflet, dan Facebook menggelar seminar bertajuk “Saatnya #Kendalikan Privasimu” pada Jumat (6/3/20). Kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 peserta ini berlangsung di Aula Prof. Syukur Abdullah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unhas.

Seminar ini digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran perlindungan data privasi pengguna media sosial. Program Manajer Kelas Muda Digital (Kemudi), Resa Temaputra, menjelaskan adanya urgensi terhadap pengguna media sosial untuk lebih aware lagi mengenai pentingnya mengendalikan privasi. “Mereka (pengguna media sosial) bukan hanya menjadi seorang pengguna namun juga bisa mengatur dan memegang kontrol atas informasi yang mereka unggah untuk menaikkan awareness,” terangnya.

Sejalan dengan itu, salah satu peserta, Luthfia Febrisha Adiputri, mengatakan seminar ini sangat bermanfaat untuknya karena ia jadi lebih tahu mengenai pentingnya privasi di media sosial. “Materi dari seminar tersebut cukup menarik karena membahas tentang media sosial. Saya sebagai pengguna media sosial merasa informasi tersebut sangat bermanfaat untuk saya karena dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari serta saya jadi lebuh tahu betapa pentingnya privasi di media sosial,” tuturnya. 

Kegiatan ini menghadirkan empat pemateri, yaitu Hazelia Margaretha dari Facebook Indonesia, Indriyatno Banyumurti dari ICT Watch, Ayu Adriani dari Ruang Antara, serta Muliadi Mau selaku perwakilan dari Akademisi Unhas.

Muliadi Mau sebagai pemateri pertama membahas mengenai permasalahan pengguna media sosial. “Dalam menggunakan media sosial, user tidak bisa membedakan setting depresional dengan setting media sosial. Kebiasaan-kebiasaan yang bersifat interpersonal berubah menjadi setting media sosial, sehingga apa yang mereka unggah dapat diakses oleh orang lain. Maka dari itu, pentingnya mengatur kebutuhan komunikasi.”

Prinsip dasar mengenai privasi pun turut dipaparkan oleh Hazelia Margaretha, “Beberapa prinsip dasar mengenai privasi yaitu mengontrol penuh mengenai apa yang dipublikasikan atau dibagikan, mengetahui data apa yang diberikan. Informasi pribadimu adalah data pribadi, interaksi kalian lebih privat, visi privasi dikaitkan dengan enkripsi, dan mengurangi sesuatu yang bersifat permanen.”

Adapun Indriyatno Banyumurti dari ICT Watch menghimbau masyarakat untuk meningkatkan privasi awareness karena hal itu merupakan titik awal penggunaan media sosial.

Sedangkan Ayu Adriani dari Yayasan Ruang Antara menjelaskan dua poin penting terkait posisi pengguna media sosial dalam melindungi informasi. “Pertama kita punya kuasa dan kontrol untuk melindungi data pribadi kita sendiri serta yang kedua yaitu kita punya andil dalam melindungi data pribadi orang lain,” terangnya.

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Saatnya #KendalikanPrivasimu oleh Kemudi, Pamflet, dan Facebook yang terdiri dari tiga agenda. Agenda lainnya adalah diskusi bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal dan workshop dengan segmentasi anak muda berusia 18-24 tahun. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di lima kota yaitu Makassar, Jogja, Surabaya, Bandung, dan Jakarta. (Shalfira Madani/Nadya Dwi Chairunisa/Salsabila Qurrata A’yun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − seventeen =