Review Materi ADS CLASS
Materi : Copywriting for Social Media
Fasilitator : Amanda Belina
Moderator : Salsabila Qurrata A’yun
Apa itu copywriting? copywriting adalah tulisan yang bertujuan untuk mendorong pembaca melakukan suatu tindakan tertentu.
Apakah content writing dan copywriting sama? kedua hal tersebut berbeda, yang membedakannya yaitu di tujuan penulisannya. Content writing bertujuan untuk menarik perhatian target pelanggan dengan cara mengedukasi mereka tentang produk atau jasa yang dimiliki oleh sebuah bisnis. contoh: artikel, postingan blog, dll. Sedangkan copywriting bertujuan untuk mendorong pembaca melakukan suatu tindakan tertentu. Contoh: membeli produk, subscribe newsletter, follow akun sosial media, dll.
Komponen utama dalam copywriting:
– ART
– FACTS
– PERSUASION
Know Your Audience!
Apa yang dapat membuat (saya) lebih atraktif ke audience (saya)?
yaitu dengan cara mengoneksikan features dari produk ke benefits untuk target audience.
Features: sesuatu yang produk kamu miliki.
Benefits: nilai dari produk yang dapat diberikan kepada customers.
Copywriting Formula’s:
– FAB (Features-Advantages-Benefits)
fitur ini mampu mengubah fitur menjadi manfaat dan keuntungan untuk target marketmu.
– AIDA (Attention-Interest-Desire-Action)
atensi, ketertarikan, keinginan, dan aksi.
– PAS (Problem-Agitate-Solution)
pada formula ini terdapat masalah calon pembeli yang akan kamu berikan solusinya.
– BAB (Before-After-Bridge)
fitur ini memadukan keadaan saat ini, membayangkan jika masalah terselesaikan, dan solusinya.