Luca : Monster Laut Juga Ingin Sekolah!

Oleh : Insyirah Salsabila Alif

0
466

Judul film : Luca

Genre : Animasi, petualangan, fantasi

Sutradara : Enrico Casarosa

Durasi : 1 jam 41 menit

Rilis : 18 Juni 2021

Sinopsis Film Luca

Luca yang tayang secara eksklusif melalui layanan streaming Disney+ berkisah tentang petualangan dua remaja bernama Luca (Jacob Tremblay) dan Alberto (Jack Dylan Grazer) dengan latar Kota Portorosso, Italia. Awalnya saya pikir animasi ini akan serupa dengan kisah tentang mermaid kebanyakan. Namun nyatanya, animasi dengan nuansa Italia ini mengangkat monster laut sebagai tokoh utama.

Petualangan Luca dimulai sesaat dia merasa jenuh dengan kehidupan di bawah laut yang hanya itu-itu saja. Bangun pagi, sarapan, ‘menggembala’ ikan, pulang ke rumah, dan begitu seterusnya. Suatu hari saat ia mengarak ikan peliharaannya untuk makan di padang rumput laut, sudut matanya menemukan benda asing yang tidak berasal dari kehidupan bawah laut. Namun karena takut orang tuanya murka bila melihat hal yang berhubungan dengan ‘monster darat’, Luca menyembunyikan barang-barang tersebut.

Tidak lama setelah kejadian itu, Luca bertemu dengan Alberto; monster laut sepantaran dengannya. Alberto mengajak Luca untuk keluar dari lautan dan menetap di Kota Portorosso, pesisir Pantai Riviera, Italia. Setibanya di kota tersebut, mereka terkesima dengan sebuah motor vespa. Sebagai makhluk laut, tentu hal itu sangat asing sekaligus menarik bagi mereka.

Mengendarai vespa menjadi impian Luca dan Alberto, agar nantinya dapat berkeliling dunia. Demi mencapai impian tersebut, keduanya harus memiliki uang yang kemudian mereka bertemu dengan seorang gadis lokal Giulia (Emma Berman) yang memandu mereka menyusuri Portorosso. Bersama Giulia, ketiganya tergabung dalam satu tim untuk mengikuti turnamen Portorosso demi mendapatkan uang untuk membeli vespa impian.

Kehidupan Luca dan Alberto selama di kota kecil tersebut tentu tidak berjalan mulus. Penduduk Portorosso terkenal lihai dalam berburu monster laut, utamanya ayah dari Giulia. Dengan wujud manusia, Luca dan Alberto sebisa mungkin menghindari kulit mereka terkena air. Sebab bila mereka terkena air, wujud monster laut mereka akan muncul, dan penduduk setempat akan menangkap mereka. Terlebih lagi akan ada imbalan besar bagi penduduk yang dapat menangkap monster laut.

Namun, saat Alberto merasa latihan menuju turnamen sudah cukup baik, ia merasa Luca berubah. Pengetahuan Luca akan dunia semakin bertambah berkat kelas singkat oleh Giulia. Luca dengan rasa ingin tahu yang tinggi kemudian memiliki impian untuk bisa bersekolah seperti Giulia. Mendengar impiannya tersebut, Alberto marah. Menurut Alberto, monster laut tidak akan mendapat kesempatan sedikitpun untuk dapat bersekolah layaknya manusia.

Ulasan Film Luca

Nuansa Italia terasa pekat dalam tiap scenenya. Salah satunya saat ayah dari Giulia menyajikan Trenette al Pesto—pasta berwarna hijau khas Italia—yang menjadi makanan favorit Luca dan Alberto. Selain itu, petualangan ketiganya dalam menyusuri tiap sudut kota Portorosso dan meluangkan waktu di permukaan Pantai Riviera menampakkan betapa indahnya Italia. Hal tersebut membuat saya ingin mengunjungi negara dengan julukan The Boot tersebut.

Saat menonton Luca, mata saya dimanjakan dengan warna karakter, lokasi, dan hal-hal detail lainnya yang colorful dan soft, layaknya suasana musim panas. Animasi inipun menekankan tentang memberanikan diri keluar dari zona nyaman; seperti yang selalu dikatakan oleh Luca, “Silenzio Bruno!”, liburan, dan merasakan hal baru yang nyatanya asyik.

Namun, secara cerita Luca tidak begitu istimewa bila dibandingkan dengan karya-karya Disney sebelumnya. Konflik yang dihadirkan begitu sederhana dan terselesaikan dengan begitu saja. Menurut saya kurang menghadirkan plot twist pada tokoh utama dan alurnya itu sendiri. Selain itu, juga tidak ada gambaran apakah ayah dari Alberto adalah monster laut atau manusia normal.

Di samping menggambarkan betapa indahnya Italia, animasi ini turut menyiratkan makna. Yakni saling menghargai perbedaan, dan arti penting sebuah keluarga.

Keyword : Review FIlm Luca, Ulasan Luca, Rating Luca, Film Luca, Tulisan Luca, Film Monster Laut, Disney Luca Film, Luca Film

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 11 =