Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi

0
401

Teks oleh Tazkiyatun Nafs

 

Organisasi merupakan suatu wadah untuk kita belajar menjadi seorang pemimpin, paling tidak untuk memimpin diri kita sendiri. Di dalam organisasi terdapat suatu tujuan yang akan kita capai. Organisasi itu sendiri berkaitan tentang diri sendiri dan orang lain. Organisasi itu di mulai dari sekarang dan kita akan merasakan manfaatnya setelah kita lulus kuliah nanti.

Di dalam organisasi itu adalah kemampuan di mana kita mampu menempatkan diri kita pada diri orang lain karena dalam organisasi itu memiliki empati.terkait hal itu setelah kita berada di dunia kerja kita tidak hanya butuh akademik tapi kita juga perlu yang namanya skill. Dan biasanya skill itu di dapatkan dari organisasi tersebut. Dalam hal itu, tak ada gunanya kita memiliki pengetahuan tinggi atau mampu berpendapat tapi tak mampu untuk mengungkapkannya di depan orang banyak.

Sangat berbeda orang yang pernah berorganisasi dibandingkan dengan orang yang tidak pernah atau tak kenal dengan organisasi. Hal itu terjadi, karena banyak hal yang kita dapatkan dalam organisasi tapi tidak kita dapatkan di ruang kuliah. Lewat organisasi itu pula kita akan mengembangkan bakat atau minat kita hingga nanti menjadi skill tersendiri untuk kita.

Adapun perbedaan antara orang yang berorganisasi dan yang tidak berorganisasi itu biasanya terlihat dari cara mereka berbicara atau wawancaranya tersendat-sendat, kemampuan tampil di depan umum dan cara mereka untuk bisa berbaur dengan orang di sekitarnya atau cara mereka beradaptasi.

Adapun cara untuk menjadi orang hebat yaitu:

  1. Harus disiplin, kemampuan kita untuk mengatur diri sendiri untuk dapat belajar
  2. Memiliki keberanian, mampu mengambil atau membuat keputusan dan bertanggung jawab
  3. Memiliki kecerdasan, orang cerdas itu memiliki pengetahuan yang luas dengan rajin membaca,menonton, mendengar, dan memiliki pengetahuan yang dalam dengan selalu berpikir kritis dan banyak mengetahui suatu hal.
  4. Memiliki motivasi tinggi, mebuat target-target yang akan di capai dalam jangkap waktu pendek dan panjang.
  5. Memiliki keterampilan, tidak perlu mempelajari teorinya
  6. Memilih untuk tinggal di tempat atau lingkungan yang tepat, terkadang faktor lingkungan itu juga yang menjadi pendukung seseorang itu hebat

Berdasarkan hal tersebut dapat kita lihat bahwa orang hebat itu tidak mengenal jenis kelamin dan usia. Orang hebat itu adalah orang yang selalu berusaha,balajar dan belajar dan belajar,ketika gagal dan gagal lagi maka meraka akan mencobanya kembali dengan cara yang berbeda karena tidak ada orang yang sukses atau hebat itu mulai lahir tetapi mereka adalah seorang pekerja keras, lebih bekerja keras dibandingkan orang lain, dan keluar dari aturan.

 

Tulisan ini dibuat berdasarkan hasil review materi Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi pada Forum Inisiasi Gerakan Unik dan Radikal (FIGUR).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + six =