Penyemprotan Disinfektan Mahasiswa KKN Unhas di Berbagai Masjid Daerah Bulukumba

0
318
Foto Oleh : KIFO Kosmik/Fitriwi Arlini Suardi

Penulis : Nurul Islamia Nurdin | Foto oleh : Kifo/Fitriwi Arlini Suardi

Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 104 dengan mengusung tema utama “Bersatu Melawan Covid-19”. Mahasiswa peserta KKN ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, yang disesuaikan dengan lokasi domisili masing-masing.

Mahasiswa Unhas yang mengikuti KKN gelombang 104 yang berasal dari Kabupaten Bulukumba dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok Bulukumba 1 yang berasal dari 3 kecamatan yang ada di Bulukumba yaitu Bonto Bahari, Bulukumpa, dan Bonto Tiro dengan jumlah 22 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas. Para mahasiswa ini merancang program yang berkaitan dengan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, dengan fokus utama pada lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Di antara berbagai program kerja KKN yang dirancang, mahasiswa di lokasi Bulukumba juga melakukan penyemprotan disinfektan dalam rangka persiapan dan pasca lebaran di masjid-masjid yang berada di dekat tempat tinggal mereka. Program ini bertujuan agar masyarakat terhindar dari virus dan dapat merasa aman dalam menjalankan ibadah shalat Ied Adha pada saat pandemi Covid-19.

Koordinator KKN Unhas untuk lokasi Bulukumba 1,  Egy Oktavian Pranata, menjelaskan bahwa mereka mempersiapkan dua kategori program, yaitu program kelompok/pilihan dan individual/keilmuan. “Program kerja individu sesuai dengan disiplin ilmu/keahlian yang dimiliki mahasiswa, sedangkan program kerja kelompok dilakukan oleh beberapa orang yang berdomisili atau bertempat tinggal di daerahnya masing-masing. Program kerja kelompok masuk program kerja bersifat opsional artinya bisa dilaksanakan bisa tidak, namun program individu sendiri bersifat wajib untuk dilakukan.” Tutur Egy Oktavian Pranata, mahasiswa fakultas hukum angkatan 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 1 =