Pewdiepie atau Felix Kjellberg

0
188
Pewdiepie atau Felix Kjellberg
Pewdiepie atau Felix Kjellberg

Oleh : Annysa Nur Agafanthy

Pilih Pewdiepie atau Felix Kjellberg?

Sebelum itu mungkin orang-orang akan mengeluhkan pertanyaan tidak valid ini. Pewdiepie dan Felix Kjellberg adalah satu orang yang sama. Sederhananya, Pewdiepie adalah nama saluran Youtube milik Felix Kjellberg. Tetapi, pertanyaan ini sesungguhnya memang hanya sekadar lelucon yang dibuat oleh para penggemar Pewdiepie atau Felix Kjellberg ini. Tetapi, tidak mungkin ada asap jika tidak ada api, lalu kenapa pertanyaan itu lahir? 

Saluran Youtube dengan nama Pewdiepie dimiliki oleh pria berkebangsaan Swedia berusia 31 tahun, Felix Kjellberg. Felix Kjellberg adalah salah satu Youtuber khususnya pada bidang Gaming dengan jumlah pelanggan disalurannya pada tahun 2021 ini menyentuh angka 108 juta pelanggan. Angka fantastis itu didapatkan Pewdiepie setelah memulai salurannya 10 tahun lalu tepatnya pada pertengahan tahun 2010. 

Perjalanan panjang Felix Kjellberg dalam karir Youtubenya adalah salah satu keputusan terbesar yang ia ambil dalam hidupnya. Felix bercerita di salah satu video miliknya, ia bahkan memutuskan untuk berhenti berkuliah untuk fokus mengembangkan saluran Youtube miliknya itu. Felix pun menceritakan bagaimana ia berusaha menghidupi dirinya sendiri dengan berjualan hotdog di pinggir jalan hingga menjadi freelancer desain grafis. Menjadi komentator game pada awal karirnya adalah hal yang sangat baru di situs berbagi video itu, sesekali ia merasa apa yang dilakukannya adalah hal yang aneh. Namun, karakter unik yang dimiliki Felix Kjellberg atau sapaan populernya Pewdiepie ini membuat pada awal tahun 2013, pelanggan dari salurannya meningkat drastis dari sebelumnya 3,5 juta pelanggan menjadi 19 juta pelanggan. Pelanggan pada saluran Youtubenya ia beri sebutan dengan bros dan intro khas miliknya “how’s going bros?” menjadi sangat populer sejak itu. Sepanjang perjalan karirnya saat mulai mendapatkan sorotan oleh khalayak yang lebih luas membuat Felix Kjellberg mulai berubah seperti mulai tampil pada siaran TV lokal hingga merilis bukunya yang berjudul This Book Loves You.  

Pengaruh Felix atau Pewdiepie kepada penggemarnya bahkan masyarakat umum dirasakan hingga tidak hanya pada pada dunia maya, misalnya pada momentum perang antara akun miliknya dan salah satu akun perusahaan musik asal India, T-Series yang hadir disepanjang tahun 2018 hingga 2019. Pada momen ini penggemar Pewdiepie diberbagai belahan dunia berusahan membuat kampanye besar-besaran untuk mempromosikan akun saluran miliknya untuk tetap mempertahankan posisi dan gelarnya sebagai The King of Youtube dengan jumlah pelanggan terbanyak. Hal ini dilakukan sangat masif oleh penggemarnya dengan berbagai bentuk seperti menyewa papan iklan luar ruang, menyebarkan brosur, meretas komputer dan situs milik orang lain, hingga yang paling mengejutkan terjadi pada peristiwa terorisme disalah satu mesjid di Selandia Baru yang pada rekaman video terorisme itu, pelaku teror memulai aksinya dengan mengucapkan salah satu ucapan khas pada momen kampanye besar-besaran saluran Youtube miliknya yaitu “Subscribe to Pewdiepie” atau yang artinya mengajak orang untuk berlangganan saluran milik Pewdiepie. Kejadian itu membuat Pewdiepie melalui salah satu video yang ia unggah ke salurannya, menyatakan bahwa seluruh kegiatan kampanye untuk salurannya itu harus dihentikan dan meminta maaf pada seluruh pihak yang telah dirugikan. 

Pengaruh Pewdiepie hari ini memang tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya, hal ini Pewdiepie akui berulangkali dalam beberapa videonya. Pewdiepie mengaku bahwa ia berusaha menghindari berbagai drama Youtube dengan menghentikan salah satu konten miliknya Pew News yang membahas berbagai drama dan pandangannya terhadap hal tersebut seperti layaknya siaran berita. Namun, Pewds sapaan akrabnya kini menarik lebih banyak perhatian dengan perubahannya dua tahun terakhir. Perubahan tersebut ada pada konten disalurannya dan pada kehidupannya pribadi miliknya. 

Pewdiepie mulai membagikan konten baru seperti pada konten Playtrough Game Minecraft. Minecraft adalah game yang hampir kehilangan kejayaannya dewasa ini, namun Pewdiepie memberikan dampaknya pada game itu hingga jumlah pemain Minecraft saat itu mencapai 91 juta pemain baru mengalahkan berbagai daftar permainan lainnya atau bahkan saat Pewdiepie membuat sebuah tren pada akunnya dengan alat musik tamborin, penjualan tamborin saat itu sempat naik hingga membuat dirinya sendiri terkejut. Pewdiepie membuat banyak sekali tren spontan yang menjadi populer pada salurannya yang membuat ia tetap unik sebagai salah satu pembuat konten terbesar disitus itu, seperti Floor Gang yang hadir ketika ia harus melakukan kegiatan Youtubenya dengan duduk diatas lantai tanpa meja dan kursi, lalu Meme Review, $399, Zero Deaths, Big Brain, PP, hingga Tambourine to The Moon yang semua hadir secara spontan. 

Tidak hanya pada salurannya, Pewdiepie berbicara mengenai kebiasaan barunya membaca buku, belajar bahasa baru, membuat video kegiatannya berolahraga hingga yang paling menuai tanggapan adalah videonya yang membahas mengenai paham-paham filsafat. Pewdiepie juga seringkali mengungkapkan perasaanya kepada penggemarnya yang kini ia sapa 19 Years Old atau 19 tahun, mengenai beberapa keputusan yang ia ambil seperti misalnya ia menceritakan bahwa ia butuh beberapa hari untuk beristirahat dari kegiatannya di Youtube, hal itu membuat setelah hampir 10 tahun tidak berhenti mengunggah video ke salurannya setiap harinya, kini Pewdiepie hanya mengunggah 4 sampai 5 video saja perminggunya. Kondisi tersebut direspon baik oleh para penggemarnya. 

Selayaknya figur publik, berbagai aksi Pewdiepie melalui salurannya menjadi inspirasi bagi para penggemarnya juga masyarakat umum. Mulai dari aksi gilanya yang membeli tamborin sebanyak mungkin, hingga kebiasaanya membaca buku dan berolahraga. Melalui salah satu situs komunitas Reddit, Penggemarnya rutin membagikan kebiasaan barunya setelah terinspirasi dari salah satu video milik suami dari Marzia itu. Hingga Pewdiepie memberikan tantangan itu kepada penggemarnya untuk memulai kebiasaan baru untuk rajin berolahraga dan membaca buku setidaknya 10 halaman perharinya sebagai resoulusi diawal tahun 2021. Dampak positif yang disebarkan Pewdiepie ini membuat dirinya dan juga penggemarnya saling berterima kasih satu sama lain. Tidak berhenti disitu, Pewdiepie rutin melakukan kegiatan siaran langsung merekam dirinya bermain game. Siaran langsung itu tidak bertujuan sekedar menghibur penontonnya, tetapi ia juga melakukan aksi pengumpulan dana donasi dari penontonnya yang menyumbang melalui salurannya yang akan didonasikan kepada tiap lembaga berbeda-beda setiap bulannya. 

Hal inilah yang membuat lelucon Pewdiepie dan Felix Kjellberg adalah dua orang berbeda bagai pagi dan malam. Pewdiepie dilekatkan sebagai sosok Youtuber Gaming dengan kepribadian sangat heboh, dengan aksi-aksi yang gila sementar Felix Kjellberg adalah seorang filsuf yang bijak, memberikan kalimat-kalimat motivasi, dan sosok yang sederhana. Terlepas dari dua sisi yang dihadirkan Pewdiepie atau Felix ini, Pewdiepie selalu mengucapkan ujaran terima kasihnya kepada setiap orang yang mendukung dirinya dan saluran Youtube miliknya. Jadi pilih Pewdiepie atau Felix Kjellberg?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here