Penulis: Jessy Marty R. Loardi
Editor: Satriulandari
Foto : KIFO KOSMIK
Basic PR Class kembali diadakan oleh Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin bahas terkait praktik PR dalam dunia pekerjaan. Kegiatan berlangsung di Aula Prof Syukur Abdullah Fisip Unhas pada Sabtu (12/10).
Basic PR Class 2024 dihadiri oleh 2 pembicara, salah satunya merupakan Aulia Mahardhika SI Kom MI Kom. Sebelum menjelaskan mengenai praktik PR dalam dunia pekerjaan, Dhika meluruskan mengenai definisi PR karena hal ini seringkali disalah artikan dengan Marketing Communication, Corporate Communication, Corporate Affair, dan lain-lain.
”Setiap perusahaan itu mempunyai agendanya masing-masing. Tugasnya PR adalah untuk menjalankan agenda perusahaan,” kata Dhika.
Lebih lanjut, Dhika menjelaskan terdapat dua agenda perusahaan dalam public relation yaitu eksternal dan agenda internal. PR eksternal menyampaikan informasi atau value dari perusahaan kepada publik, stakeholder dan media, sedangkan harapan PR internal adalah agar semua memiliki semangat juang yang sama untuk memajukan perusahaan.
Dalam pekerjaan PR, kadang terjadi krisis dalam perusahaan. Krisis ini adalah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Dalam mengatasi sebuah krisis, seorang PR dianjurkan membuat press release. “Press release itu berisikan pernyataan sikap perusahaan terhadap suatu isu,” jelasnya.