Review OBSCURA 2020 Ahmad Luthfi Baihaki

0
218

NAMA : AHMAD LUTHFI BAIHAKI

NIM : E02121069

KEGIATAN : OBSCURA 2020

Materi 1

“ KEMAHASISWAAN ”

Oleh : Kak Feby Ardiatri Pasangka

Apa itu Mahasiswa? Mahasiswa adalah seorang pelajar yang mempunyai julukan agent of change, yaitu agen perubahan yang berkedudukan sebagai seorang pelajar dengan tingkatan tertinggi dari para pelajar.

  • Secara Etimologi : Mahasiswa terdiri atas 2 kata yaitu “Maha” dan “siswa”. Maha artinya tingkatan tertinggi atau mulia, dan siswa artinya seorang pelajar. Jadi kesimpuannya mahasiswa adalah seorang pelajar yang berada pada tingkatan tertinggi.
  • Secara Terminologi : Mahasiswa adalah seorang pelajar yang terdaftar disebuah perguruan tinggi.

Adapun dalam hal lain mahasiswa terdiri atas kata “siswa” yang merupakan kebalikan dari kata “wasis”. Wasis artinya orang pintar/pandai. Dan siswa adalah orang yang belum pintar dan berusaha berproses. Jadi kesimpulannya seorang siswa adalah seorang yang tengah berjuang/berproses untuk memuliakan dirinya dengan sebuah ilmu pengetahuan untuk mencapai atau menjadi Wasis.

Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat, kemudian inilah yang melatarbelakangi terwujudnya sebuah Gerakan Mahasiswa yang selalu berpihak pada kepentingan rakyat. Pergerakan mahasiswa adalah pergerakan yang tidak dapat disepelehkan, karena Gerakan mahasiswa adalah Gerakan terpelajar. Maka ketika Mahasiswa mulai turun kejalan dan menyuarakan aspirasi rakyat, maka bisa dikatakan bahwa keadaan atau hak masyarakat sedang tidak baik-baik saja.

Beberapa Gerakan Mahasiswa yang menjadi bukti bahwa Gerakan mahasiswa sangat berpengaruh.

  • Dalam Amerika Latin dikenal “Manifesto Cordobra” yang merupakan Gerakan mahasiswa yang menjatuhkan pemerintahan amerika latin (1918)
  • Dalam Prancis dikenal “Proleriat Kampus” yang ingin merancang mahasiswa menjadi lulusan untuk menjadi agen industry atau perdagangan.
  • Di Indonesia Mahasiswa bekerja sama dengan Menteri Angkatan darat yang dibentuk oleh Mayor, yang bertugas menjatuhkan orde sebelumnya (1960)

Materi 2

“ KEORGANISASIAN ”

Oleh : Muhammad Taufik Syahrandi

  • Secara Etimologi Organisasi terdiri atas 2 kata. Yakni kata “Organ” Dan “Isasi”
  • Secara Terminologi Organisasi merupakan perkumpulan 2 orang atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama dan melakukan proses Kerjasama.

Perbedaan Organisasi dan Komunitas

  • Organisasi : mempunyai tujuan yang jelas, terstruktur secara jelas, resmi, formal, dan baik. Diatur berdasarkan tujuan yang sama dan punya konstitusi yang mengikat
  • Komunitas : Mempunyai tujuan tapi tidak jelas, tidak formal, dan terpaku pada sebuah minat yang sama.

Organisasi merupakan sebuah wadah yang berfungsi untuk menampung kreativas manusia. Karena manusia dikenal dengan mahluk yang mempunyai sejuta kreativitas dan potensi. Organissasi bertujuan untuk memberi akses perkembangan sesuai dengan kuadrat manusia yaitu “tumbuh dan berkembang”

Sebuah organisasi sangat akrab dengan yang namanya masalah. Maka pastinya sangat akrab juga dengan yang namanya pemecahan masalah.

Kosmik Sebagai Organisasi

Kosmik hadir untuk mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi dan Profesionalitas keilmuan khususnya Ilmu Komunikasi Periode kepengurusan bersungsi sebagai fungsional demi melihat arah Gerakan atau akan dibawa kemana kosmik ini.

  • Kosmik secara kultural berbicara tentang nilai-nilai kekosmikan. 

Contoh: kegiatan kosmik untuk mempererat Tali Silaturahmi (Kekeluargaan)

Nilai kultural dinilai kuat untuk menjaga dan mengikat manusia didalam kosmik

  • Kosmik sebagai lembaga Kemahasiswaan dan sebagai Organisasi 

Kosmik sebagai Organisasi dilihat dari strukturnya

Kosmik sebagai lembaga dilihat dari nilai-nilai kemahasiswaannya

  • Kosmik sebagai lembaga Pendidikan. Untukmelihat berbagai objek dari banyak perspektif, menggali informasi tidak hanya dari satu sumber, dan bukan untuk mencari informasi, tetapi menggali informasi.

Pendidikan yang ideal adalah Pendidikan yang memberikan kita kebebasan berfikir dan bertindak. Pendidikan membuat kita mempunyai rasa dan karsa untuk melihat dunia.

Sejarah Kosmik

  • Kosmik awalnya bernama KOMAPU, karena dulunya jurusan ilmu Komunikasi bernama publisistik.
  • Kosmik hadir dengan nama Korps sebagai lembaga karena Korps dimaknai keanggotaan seumur hidup.
  • Bernama Korps tapi tidak bersifat Militer.
  • Tahun Pergantian Publisistik menjadi Ilmu Komunikasi adalah tahun 1998. Setahun kemudian dihadapkan dengan dua pilihan nama baru , yakni Komunika dan Kosmik, kemudian terpilihlah Kosmik. Proses pencarian nama baru ini bukanlah hal yang mudah karena sampai dilakukan riset kepulau jawa oleh para kakak-kakak terdahulu.
  • Struktur yang ada di Kosmik saat ini adalah pengaruh dari nama itu sendiri.

Materi 3

“ KEILMUAN ”

Oleh : Irfan Ashar Pratama

Mengapa kita perlu akrab dengan yang namanya ilmu pengetahuan? Karena ilmu pengetahuan yang menjadi dasar kita bahwa kita adalah mahluk yang punya akal dan pikiran yang kemudian menjadi pembeda kita dari mahluk hidup lainnya.

Perbedaan Ilmu dan pengetahuan

  • Ilmu adalah sebuah pengetahuan secara factual yang telah diuji dengan prinsip yang sistematis. Ilmu berasal dari sebuah pengkajian informasi/pengetahuan secara mendalam, teruji, dan dapat dipercaya
  • Pengetahuan adalah sebuah Informasi yang diperoleh oleh seseorang/sekelompok orang yang kebenarannya masih belum diuji secara mendalam. Berasal dari informasi yang diperoleh oleh otak dan tidak dikaji.

Syarat Ilmu Pengetahuan

  1. Objektif
  2. Metodis
  3. Sistematis
  4. Universal

Apa Itu Ilmu Komunikasi? Ilmu Komunikasi adalah cabang ilmu yang mempelajari manusia, cara berkomunikasinya, dan alat-alat yang digunakan untuk berkomunikasi.

——————————————-BATAS——————————————-

Kesan:

Obscura adalah kegiatan yang sangat menarik. Apalagi dalam masa pandemi ini. Menurut saya event ini menjadi ajang para mahasiswa baru untuk saling berinteraksi secara langsung dengan teman Angkatan dan juga para kakak-kakak kosmik sekalian, karena melhat kondisi pandemic menjadi penghalang kita dalam beberapa bulan belakangan ini. Dalam kegiatan ini kami juga menjadi lebih mengenal lingkungan kampus kami. Event ini menjadikan kita lebih mengenal seputar apa itu mahasiswa, ap aitu organisasi, apa itu Kosmik, dan pengetahuan lainnya dalam bidang keilmuan. Saya akui para kakak-kakak kosmik merupakan orang-orang yang ramah layaknya “kakak” dan bukan “senior”, yang kemudian hal ini menjadi motivasi kami juga dalam mengikuti kegiatan dihari berikutnya


Pesan :

Semoga Asas kekeluargaan yang menjadi ciri khas dari KOSMIK dapat lebih diperlihatkan lagi sehingga dapat mengikat dan mencuri hati para mahasiswa baru Angkatan 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 5 =