REVIEW OBSCURA 2020 Andi Ariel C.N.

0
266

Kemahasiswaan

Oleh : Kak Feby

Kemahasiswaan berasal dari kata mahasiswa yang terbagi lagi menjadi dua kata yaitu maha dan siswa. Maha berarti mulia dan tinggi sedangkan siswa berarti pelebur dan lemusnah kebodohan. Jadi secara etimologi dapat dikatakan bahwa mahasiswa adalah pelajar tinggi. Secara terminologi, mahasiswa diartikan sebagai orang yang terdaftar di perguruan tinggi.

Adapun beberapa pergerakan mahasiswa secara global. Seperti misalnya Amerika Latin atau yang dikenal dengan Manifestocordobra yang dimana para mahasiswa menuntut pemerintahan yang otoriter dikarenakan pemerintah pada saat itu terlalu mencampuri urusan-urusan akademis para mahasiswa sehingga tidak diberi kebebasan. Adapun contoh lain yaitu Perancis yang dikenal dengan proletariat kampus dimana kampus di Perancis saat itu membatasi pergerakan-pergerakan mahasiswa.

Pergerakan mahasiswa secara nasional terjadi pada tahun 1960-an dimana para mahasiswa bersatu dengan menteri perguruan tinggi bersama-sama dalam meruntuhkan orde baru dan membentuk orde baru.

Keorganisasian 

Oleh : Kak Taufik

Secara etimologi, organisasi terbagi menjadi dua kata, yaitu organ dan isasi yang berarti proses. Sehingga dapat dikatakan bahwa oeganisasi adalah organ-organ yang melakukan sebuah proses-proses atau proses yang dilakukan oleh suatu fungsi dari sebuah organ. Sedangkan menurut terminologi, organisasi adalah sekumpulan orang (2 orang atau lebih) yang mempunyai tujuan bersama.

Ada beberapa hal yang membedakan organisasi dengan komunitas. Dalam organisasi, aturannya tidak hanya berupa lisan tetapi juga tertulis(konstitusional) sedangkan komunitas aturannya hanya berupa lisan. Dan juga dalam organisasi kita memiliki tujuan bersama sedangkan dalam komunitas kita memiliki minat yang sama. Semua hal seperti di atas mdmbuat organisasi dan manusia saling berkaitan.

Kosmik memiliki 2 pilar, yaitu struktur dan kultur. Dalam struktur, kosmik memiliki tujuan, profesionalitas keilmuwan, konstitusi AD/ART, struktur kepengurusan, dan visi misi kepengurusan. Sedangkan dalam kultur(nilai-nilai kekosmikan) ada kosmik sebagai lembaga pendidikan dan nilai kekeluargaan.

Keilmuwan

Oleh : Kak Irvan

Ilmu adalah sebuah pengetahuan yang secara faktual telah diuji dan disusun dengan mengedepankan prinsip yang sistematis.

Pengetahuan adalah informasi yang diketahuan oleh seseorang atau sekelompok masyarakat yang kebenarannya masih belum diuji dan dikaji secara mendalam.

Adapun beberapa syarat-syarat dalam ilmu pengetahuan yaitu harus objektif, metodis, sistematis dan universal.

Dalam Ilmu Komunikasi terdapat objek material dan objek formal. Objel materialnya adalah tindakan manusia dalam konteks sosial, sedangkan objek formalnya adalah komunikasi itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + 18 =