Ketika PR Beraksi

0
66

Fasilitator : Aryunissa

Pada materi ini pembahasan yang diangkat adalah press conference. Hal pertama yang dibahas sebelum memasuki materi ini lebih dalam adalah definisi dari press conference adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk menyampaikan informasi atau juga dapat berupa kegiatan tanya-jawab dengan media, dan juga dapat merupakan sebuah pengumuman berupa tanggapan atau klarifikasi terhadap sebuah isu. Mengadakan press conference merupakan salah satu job desk dari seorang PR.

Press conference merupakan sebuah kegiatan yang diadakan oleh sebuah perusahaan atau seorang individu, di mana terdapat satu atau dua pembicara dan media dapat memberikan pertanyaan pada sesi dalam kegiatan ini.

Dalam press conference terdapat hal yang harus kita perhatikan yaitu, 5W+1H. Pertama adalah Why? Kenapa press conference didakan ? press conference merupakan sebuah media event di mana hal ini diakan karena ada sesuatu yang ingin diinformasikan atau terdapat sesuatu yang ingin diklarifikasikan. Kedua,When ? kapan press conference dilakukan ? press conference dilakukan secara impromptu (mendadak) jika hal ini berhubungan dengan klarifikasi yang bersifat penting dan untuk hal yang berhubungan dengan launching atau semacamnya merupakan agenda wajib dari perusahaan atau instansi, untuk waktu yang ideal sendiri baiknya diadakan saat weekdays. Ketiga, Who? Siapa saja yang hadir dalam press conference ? terdapat media, pastisipan kunci, dan skateholders. Keempat, Where? Di mana press conference akan diadakan? Lokasi yang dapat memvusialisasikan instansi atau perusahaan dan juga dapat di tempat outdoor. Dan yang terakhir adalah How? Bagaimana proses press conference itu berjalan, mulai dari sebelum, saat, dan sedang berlangsungnya press conference .

Dalam press conference selalu dibutuhkan press release. Selain itu juga, hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan press conference adalah :

  • Sebelum press conference

Mengirimkan media alert, mempersiapkan media kit, dam mengidentifikasi persiapan, peran, dan latihan.

  • Saat press conference

Menggunakan visualisasi saat melakukan presentasi

  • Setelah press conference

Menghubungi jika terdapat partisipan yang tidak hadir, kita dapat menawarkan wawancara pada media dan juga mengirimkan official photos dan videos karena media menyukai prespektif yang berbeda-beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here